Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS:2:155)

Friday, April 29, 2011

Kantong Semar (Nepenthes)

Kantong semar atau dalam nama latinnya Nepenthes sp. pertama kali di kenalkan oleh J.P Breyne pada tahun 1689. Di Indonesia, sebutan untuk tumbuhan ini berbeda antara daerah satu dengan yang lain. Masyarakat di Riau mengenal tanaman ini dengan sebutan periuk monyet, di Jambi disebut dengan kantong beruk, di Bangka disebut dengan ketakung, sedangkan nama sorok raja mantri disematkan oleh masyarakat di Jawa Barat pada tanaman unik ini. Sementara di Kalimantan setiap suku memiliki istilah sendiri untuk menyebut Nepenthes sp. Suku Dayak Katingan menyebutnya sebagai ketupat napu, suku Dayak Bakumpai dengan telep ujung, sedangkan suku Dayak Tunjung menyebutnya dengan selo bengongong yang artinya sarang serangga.
Kantong semar banyak jenisnya, dari mulai yang kecil sampai yang besar (nepenthes rajah). kantong semar salah satu dari sekian jenis tanaman karnivora yang ada dengan penyebaran 70 pesen di Indonesia.
Sumber: dephut.go.id, foto nepe ku

No comments: